Habibie Center : Airlangga Hartarto adalah Pilihan yang Tepat untuk Ketum Golkar

Radarpolitik.com, Jakarta – Peneliti Senior The Habibie Center (THC), Indria Samego menilai Airlangga Hartarto merupakan pilihan tepat untuk dipilih sebagai ketua umum Partai Golkar oleh peserta Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub), yang berlangsung di Bali pada 14-16 Mei ini.

Disebutkan, Airlangga memenuhi kriteria terkait diperlukannya pemimpin Partai Golkar yang mengedepankan perubahan atau arah keberadaan partai secara lebih dinamis dan moderen.

Lebih sekedar itu, Airlangga dipercaya dapat menggesa sebuah warna Golkar yang mengembangkan terjadinya regenerasi meliputi kaum muda, serta adanya keharusan menampilkan dukungan para pemilih pemula atau elemen muda kepada Golkar.

“Dia juga bukan sosok yang memiliki masalah di Golkar, karena Airlangga tidak pernah tercela dalam aktivitasnya di partai ini,” jelas Indria di Jakarta, Minggu (15/5).

Sementara itu, sebanyak delapan bakal calon ketua umum Partai Golkar kini bertarung di ajang munaslub guna memimpin partai berlambang beringin ke depan.

Mereka di antaranya–sesuai nomor urut pencalonan–Ade Komarudin (1), Setya Novanto (2), Airlangga Hartarto (3), Mahyudin (4), Priyo Budi Santoso (5), Aziz Syamsuddin (6), Indra Bambang Utoyo (7), dan Syahrul Yasin Limpo (8).

Namun, di tengah upaya pertarungan para bakal caketum, telah memunculkan persaingan terbilang keras dan sengit antara pihak Setya Novanto (Setnov) dengan Ade Komarudin (Akom) selama berlangsung pelaksanaan munaslub.

Menurut Indria, persaingan dua kubu tersebut menyebabkan ketidaknyaman bagi peserta munaslub, termasuk untuk kepentingan Partai Golkar yang menghendaki momentum kebangkitan baru, sekaligus menciptakan harmoni dengan pemerintahan Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden Jusuf Kalla.

“Perseteruan Setnov-Akom menjadi tidak strategis dan sekadar menguras tenaga, sehingga diperlukan figur alternatif yang menjadi jembatan terhadap semua unsur di lingkungan Partai Golkar, atau tidak berada dalam peta konflik,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sosok yang sejauh ini masih segar dan kaya dengan gagasan untuk kemajuan masa depan Golkar, selain akan menjamin pengakomodasian unsur-unsur di internal partai serta mampu membangun harmoni dengan pemerintahan Jokowi-JK adalah Airlangga Hartarto.

“Jadi, Airlangga pilihan tepat untuk dipilih sebagai ketua umum dalam munaslub,” ujar Indria. (vin)