Ini Hasil Lembaga Survey Surindra yang Memenangkan Anies-Sandi di Jakarta

Radarpolitik.com, Jakarta – Memasuki massa tenang 16 – 18 April 2017, persaingan antar pasangan calon (paslon) dalam Pilkada DKI 2017, mencapai titik klimaksnya hari ini.

Hal ini juga tercermin dari hasil survei terakhir di Pilkada DKI Jakarta yang dilakukan oleh lembaga Survey Indonesia Raya (Surindra) yang dilaksanakan pada 11 – 16 April 2017. 

Hasil penting survey yang dilakukan oleh lembaga Surindra menyebutkan, jika pemilihan dilakukan saat ini, maka hasil jawaban responden menunjukan pasangan Anies-Sandi menjadi pemenangnya.

“Kemenangannya juga cukup signifikan sebesar 56,4%, dibandingkan dengan pasangan Ahok-Djarot yang meraih hanya 39,9%, sedangkan yang belum menentukan pilihan/rahasia 3,7%,” kata Direktur Surindra, Alden Wicaksono di Jakarta, Selasa (18/4/2017)

Menurut Wicaksono, setidaknya ada 2 poin penting yang diperoleh dari hasil survei Surindra yaitu, Pertama, dukungan kepada Ahok-Djarot mengalami penurunan karena sebagian pendukung mereka tidak terlalu mantap dengan pilihannya, sehingga beralih ke pasangan Anies-Sandi yang dianggap sebagai figur antitesa dari Ahok.

“Kedua, kenaikan elektabilitas Anies-Sandi juga terjadi karena kiprah Prabowo Subianto yang lagi-lagi seperti pada putaran pertama, di hari-hari terakhir gencar keliling Jakarta untuk mengkampanyekan dukungan kepada Anies-Sandi,” kata Wicaksono.

Turun gunungnya Prabowo juga dinilainya sebagai senjata pamungkas Anies-Sandi, yang kemungkinan besar akan menjadi penentu hasil akhir drama Pilkada DKI Jakarta ini.

Wicaksono menambahkan, survei yang Dilakukan Surindra ini dilakukan dengan responden sebanyak 691, dengan teknik multistage random sampling. Margin of error 4% dan tingkat kepercayaan 95%.

“Wawancara dilakukan melalui tatap muka langsung dengan bantuan kuisioner. Uji kualitas dilakukan melalui spot check dengan mengambil 20 % dari total sample,” kata Wicaksono. (tim)