Ini yang Dilakukan PBT untuk Menjadi yang Terdepan dalam Melestarikan Budaya Nusantara

Radarpolitik.com, Jakarta – Berangkat dari keprihatinan terhadap perkembangan budaya nusantara, sejumlah praktisi, dan pemerhati budaya bersepakat untuk berkumpul dan membentuk Paguyuban Bawono Toto (PBT).

“Paguyuban ini akan dikelola oleh Yayasan Bawono Toto yang bergerak dalam bidang sosial dan kebudayaan,” kata Ketua Yayasan Bawono Toto, Budi Purnomo Karjodihardjo, di Jakarta, Sabtu (15/7/2017).

Yayasan Bawono Toto didirikan di Jakarta pada Jumat Kliwon, (14/7/2017) di kantor notaris Dewantari Handayani SH, MPA, dengan susunan pengurus : Romo Harie (Pembina), Marcel Hartawan (Pengawas), Budi Purnomo Karjodihardjo (Ketua), Ikhwan Wahyudi (Sekretaris), Jordy Liang (Bendahara) , dan Andy Christianto DH (Media & Komunikasi).

Menurut Budi, Yayasan Bawono Toto memiliki visi untuk menjadi organisasi yang terdepan dalam melestarikan budaya nusantara.

Sedangkan misinya ada dua, yaitu pertama, menggali potensi, melestarikan, dan menyebarluaskan nilai-nilai luhur budaya nusantara. Kedua, memperkokoh NKRI melalui nilai- nilai luhur budaya nusantara.

Ada beberapa kegiatan organisasi yang sudah dan akan dilakukan, yaitu mengadakan pertemuan/diskusi mingguan untuk pengajian dan pengkajian budaya luhur nusantara, termasuk kegiatan laku.

“Kami akan berupaya untuk membesarkan paguyuban dengan meningkatkan kualitas pengurusnya, dan meningkatkan kuantitas anggotanya,” kata Budi.

Budi menambahkan bahwa organisasinya akan mendokumentasikan tempat-tempat bersejarah yang memiliki nilai budaya agar masyarakat juga turut menjaga dan memelihara peninggalan sejarah ini.

“Agar generasi mendatang mengetahui bahwa leluhur nusantara itu memiliki tingkat kebudayaan yang tinggi, Kami akan mendokumentasikan tempat-tempat bersejarah di masa lampau, dan peristiwa budayanya sekaligus,” katanya.

Sedangkan di bidang sosial, Yayasan Bawono Toto bertekad untuk membuatkan cungkup atau pendopo untuk setiap petilasan agar tetap terjaga keasliannya dan terhindar dari kerusakan akibat cuaca dan waktu.

Bagi masyarakat yang ingin bergabung dengan Paguyuban Bawono Toto, silahkan menghubungi Pembina Yayasan Bawono Toto, Romo Harie di nomer HP/WA : 08129944500. (tim)