Ketum Jalasenastri Apresiasi Kreativitas Bakor Jalasenastri Surbaya

Radarpolitik.com, Jakarta – Ketua Umum Jalalasenastri Ny. Endah Ade Supandi mengapresiasi kreativitas Badan Koordinasi (Bakor) Jalasenastri Surabaya yang menggelar lomba Kolintang, Menari Tunggal dan Merias Kue Tart dalam rangka menyambut Hari Jadi ke-71 Jalasenastri tahun 2017.

Ajang kreativitas yang dikemas dalam lomba-lomba antar satuan Jalasenastri di wilayah Surabaya ini digelar di Gedung Panti Tjahaya Armada (PTA) dan Indoor Sport, Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Ujung, Surabaya, Senin (17/7/2017).

Dalam kesempatan tersebut Ny. Endah Ade Supandi menyampaikan bahwa ajang ini selaras dengan tema yang diusung dalam peringatan HUT Ke-71 Jalasenastri yaitu “Jalasenastri bertekad meningkatkan kualitas keluarga prajurit yang kreatif, guna mendukung terwujudnya TNI Angkatan Laut yang Hebat, Kuat, Profesional dan Dicintai Rakyat”.

Masih menurut Ketum Jalasenastri, event ke-71 ini mengangkat lomba kolintang, mengingat kesenian asal Sulawesi Utara ini bisa dibilang sudah identik dengan kesenian di Jalasenastri. Tiap satuan di jajaran TNI AL hampir semua memiliki alat musik ini dan dimainkan oleh anggota Jalasenastrinya. “Hal yang membanggakan kita semua, pada event Lomba Kolintang Ibu Negara yang baru lalu, Tim Kolintang Jalasenastri berhasil meraih Juara 1 dan berhak atas Piala Bergilir Ibu Negara,” terangnya.

Sementara untuk lomba Tari Tunggal, kali ini mengangkat tarian dari Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur, kedepan akan digelar bergiliran dengan kesenian atau tarian dari daerah lainnya. Sedangkan lomba menghias Kue Tart dua susun, Ketum Jalasenastri ini berharap, akan memunculkan juara baru yang kompeten. Memberi semangat dan membuka peluang usaha baru yang dapat menambah nilai secara ekonomis bagi keluarga.

Lomba Kulintang, Tari Tunggal dan Merias Kue Tart dua susun ini diikuti oleh 13 Kotama dan Satuan TNI AL diwilayah Surabaya. Ke-13 Kotama tersebut antara lain Koatmatim, Kodiklatat, AAL, Puspenerbal, Dispesial, Lantamal V, Pasmar I Surabaya, STTAL, RSAL dr. Ramelan, Satlinlamil, Kolatmar, Lanmar dan Balurjaltim. Untuk lomba Tari Tunggal dan Merias Kue Tart diikuti oleh 13 peserta, sedangkan lomba Kolintang hanya diikuti sembilan peserta saja yaitu Koarmatim, Kodiklatal, AAL, Puspenerbal, Dispesial, Lantamal V, Pasmar 1 Surabaya, Satlinlamil dan Lanmar Surabaya.

Dalam perlombaan ini guna menjaga netralisa dan kualitas lomba, panitia menunjuk Tim Juri dari akademisi dan praktisi berpengalaman. Tribroto, S.Pd., Nurul Akhmad, S.Pd., dan Ari Mukti Setjorini, S.Pd., didaulat sebagai Tim Juri Tari, Tim juri lomba Kue Tart dipercayakan kepada Suzan Gadi, Mia Sunaryo dan Inna Thakib, sedangkan Juri kolintang diserahkan kepada Doni Peta, Ibrahim Djibran dan Ricky Loho. (res)