Menlu Retno Tinjau Pusat Pelayanan Pelatihan WNI di Johor Bahru

Radarpolitik.com, Jakarta – Menlu Retno L.P. Marsudi meninjau Indonesian Community Centre (ICC), Pusat Pelayanan Pelatihan bagi WNI di Muar, Johor (17/3/2017). Program pelatihan di ICC merupakan pelengkap dari layanan pelatihan dan kesehatan gratis yang diberikan KJRI Johor Bahru kepada WNI.

Menurut Menlu Retno, jenis pelatihan yang disediakan oleh Perwakilan Indonesia di luar negeri disesuaikan dengan kebutuhan para Pekerja Migran Indonesia di setiap negara. Hingga saat ini, di Malaysia terdapat 2 ICC yang telah aktif berjalan. ICC Muar resmi didirikan pada tahun 2016, kemudian dilanjutkan dengan pendirian ICC di Kuantan, Pahang pada 18 Februari 2017.

Selain diadakan di Malaysia, program yang sama telah dikembangkan di Hong Kong dan Singapura.

Pelatihan ini, lanjut Menlu Retno, diharapkan bisa menjadi modal ketrampilan atau berwirausaha bagi para PMI, jika suatu saat ingin kembali ke Tanah Air. Sehingga sekembalinya dari merantau di negeri orang, para PMI ini akan dapat mengembangkan daerah asalnya dan meningkatkan perekonomian daerah.

Pendirian ICC di wilayah kerja KJRI Johor Bahru merupakan wujud partisipasi aktif tokoh-tokoh masyarakat dan diaspora Indonesia untuk bekerjasama memberikan solusi atas permasalahan-permasalahan WNI di luar negeri.

ICC merupakan wadah interaksi WNI yang berada di negara bagian-negara bagian di Malaysia, salah satu programnya yaitu kegiatan edukatif untuk anak-anak. Melalui ICC ini, anak-anak diperkenalkan dengan materi-materi terkait dengan Indonesia seperti bahasa, sejarah, kewarganegaran dan budaya. Dengan demikian, ketika kembali ke kampung halaman, mereka tidak mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan pendidikan di Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi kerjasama dari tokoh-tokoh masyarakat Indonesia termasuk pula dosen-dosen Indonesia di Universiti Malaysia Pahang yang telah mengupayakan agar ICC ini dapat diselenggarakan di Pahang,” jelas Konjen Johor Bahru, Haris Nugroho, saat pembukaan ICC Kuantan, Pahang.

Selain berfokus pada pendidikan, ICC juga memberikan berbagai pelatihan-pelatihan bagi para WNI di sana, salah satu pelatihan yang diberikan di ICC Muar adalah pelatihan alat pendingin ruangan. Program pelatihan di ICC ini merupakan pelengkap dari layanan pelatihan dan kesehatan gratis yang diberikan KJRI Johor Bahru kepada para PMI yang diresmikan oleh Menlu Retno dalam kunjungan yang sama. (nwi)