Puspomal Selenggarakan Latfung Pomal 2017

Radarpolitik.com, Jakarta – Komandan Pusat Polisi Militer Angkatan Laut (Danpuspomal) Brigadir Jendral TNI (Mar) I Ketut Suardana, S.H. selaku Direktur Latihan (Dirlat) membuka Latihan Fungsi (Latfungsi) Kepolisian Militer Angakatan Laut Tahun 2017 dengan upacara militer yang digelar di Lapangan Mako Puspomal, Kelapa Gading Jakarta Utara, Senin (17/7/2017).

Latihan yg dilaksanakan sampai dengan tanggal 21 Juli ini, merupakan salah satu bentuk dari pembinaan satuan untuk meningkatkan profesionalisme, penyamaan visi misi dan pola tindak prajurit Korps Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal).

Dalam sambutannya Danpuspomal mengatakan bahwa penyelenggaraan kegiatan tersebut merupakan bekal bagi prajurit dalam rangka pengembangan kemampuan prajurit Pomal sebagai aparat penegak hukum yàng profesional dan dapat diandalkan dalam mendukung tugas pokok TNI AL. “Mengingat tugàs yang dihadapi ke depan semakin kompleks, dan mengharuskan prajurit Pomal dalam pelaksanaan tugasnya mampu mengambil keputusan secara cermat, cepat, tetap dan berpegang teguh kepada aturan hukum yang berlaku serta siap ditugaskan dalam melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP)”, tegasnya.

Kegiatan Latfungsi yang diselenggarakan di Cilegon Banten ini meliputi berbagai latihan, yaitu latihan Penyelidikan Kriminal (Lidkrim) dan Pengaman Fisik (Pamfik), Penyidikan, Penegakan hukum disiplin dan tata tertib militer Gakumplintatibmil), Pengurusan tahanan operasi dan tawanan perang (Rustahops/ taper), dan Pengendalian lalu lintas militer (Dalalinmil).

Hadir dalam upacara pembukaan tersebut Wakil Komandan (Wadan) Puspomal Kolonel Laut (PM) DR. Nazali Lempo S.H., M.H., Para Pejabat Puspomal, Staf Irjenal, Sopsal, Disopslatal, dan Kolat Armabar, serta diikuti oleh 250 personel Korps Polisi Militer Angkatan Laut dari satuan-satuan Pomal di seluruh Indonesia. (res)